Sabtu, 14 Maret 2009

liputan teman dari ugm

Sesuai permintaan, ini hasil liputan tentang sendal bandol didaerah banaran pasir kidul purwokerto. Daerah ini ada diaerah barat purwokerto, tepatnya di jalur utama menuju ke daerah pantai utara seperti Tegal dsb. Kurang lebih sekitar 2,5km dari perlintasan stasiun purwokerto ke arah barat. Di daerah ini, banyak penjual sandal yang bahannya terbuat dari ban, lebih tepatnya sisa bahan pembuat ban, sebelum diberi kawat dan serat..


Biasa disebut sebagai sandal bandol™ oleh penduduk sekitar. Disana ada juga sandal yang memang terbuat dari ban bekas, biasanya di gunakan untuk membuat sandal bandol yang biasa terdapat dipasaran dan juga tempat sampah yang berbentuk agak gepeng seperti ban yang dibalik bagian dalamnya menjadi bagian luar.


Karena kondisi waktu itu hujan deras sekali. Jadi ya asal mampir saja ke salah satu kios sandal bandol disana. Kemarin mampir ke kiosnya Pak Wito. Ada dibagian paling barat dari semua kios yang ada, kecil kiosnya, dibuat dari kayu dan berdiri seperti panggung karena memang bangunannya tidak langsung bersentuhan dengan tanah. Meskipun kecil, isinya padat juga lho. Banyak sandal dan berbagai kerajinan yang terbuat dari ban. Di bagian depan, terdapat etalase yang berisi contoh2 dari sandal yang dijual Pak Wito yang asli dari purwokerto ini namun juga fasih berbahasa jawa, tidak cuma ngapak.

Di dalam etalase, terdapat bermacam macam jenis sendal bandol yang dijualnya, tapi khusus sendal yang tidak murni terbuat dari ban. Maksudnya, bahannya tidak hanya dari ban, dari karet dan bahan lain juga. Dan bahan ban hanya terdapat di bagian bawahnya saja dengan maksud supaya lebih awet gitu. Di bagian kananya terdapat banyak iket dan sebuah tong sampah yang terbuat dari ban. Pokoknya, semua ban dech…Di etalase dalam, di atas etalasenya ada banyak sandal bandol lain dan juga asbak yang terbuat dari ban. Antik juga ini asbak, Kirain apaan waktu dipajang, elips g jelas, g taunya itu dua asbak ditumpuk jadi 1. Dah kyk endog aja bentuknya. Di dalem etalase, ada lebih banyak lagi asbak dan kerajinan lain.



Dibagian luar, di terasnya juga banyak lagi sandal yang digantung, ada juga tong sampah itu lagi, bahkan alas untuk karpet mobil juga ada. Ada sandal yang bentuknya aneh, seperti sendal pendekar2 yang ada di sinetron Mak lampir itu Terus, ada juga sandal bandol yang asli bandol, semua bahannya dai ban bekas yang dipotong jadi sandal. Bentuknya jepit tapi keras, jadi buat lempar maling juga mantep itu Ada juga sendal buat adek2 yang masih imut2nya. berbagai macam juga digantung disitu.



Ok, sekarang dibahas masing2 sendal. Dibagian etalase depan, ada banyak sendal didalemnya. Tapi itu cuma sampel, ukurannya jadi ya itu2 aja. Nah, semua sendal didalemnya, cuma seharga Rp 10.000,-/pasang. Murah to??Mau ukuran kecil sampe gede juga Rp 10.000. Bentuknya pun beraneka rupa. Bagus2 lagi. Daripada beli sandal gunung mahal2 ato di emperan pedagang kaki lima di Malioboro, mending ini, gak kalah menarik bentuknya. Sesuai selera anak muda. Dari jepit sampe slop juga ada. Ukuran maksimal untuk sendal2 ini adalah 42. Lupa kalo yang paling kecil berapa, mungkin seukuran anak TK juga ada. Warna2nya juga asik2, dari yang item, abu2 sampe pink juga ada

Lanjut ke bagian teras. Dibagian ini, ada bermacam-macam kerajinan. Dimulai dari sandal lagi. Untuk sendal pertama, ada sendal yang bentuknya unik.
Kayak yang biasa dipake pendekar2 di sinetron misteri gunung merapi. Ada talinya dari bawah mpe hampir dengkul mungkin. Jadi panjang juga itu sendal. Katanya, sendal ini didesain khusus untuk peserta lomba kenthongan yang menjadi salah satu acara tradisi rutin tiap tahun di kota Purwokerto. Jadi ya lomba kenthongan gitulah, berkelompok, siapa yang paling asik musiknya, kompak, keras, itu yang menang. Untuk harga, saya lupa tanya untuk yang satu ini. ukuran maksimal juga 42.

Sandal yang kedua, yaitu sandal bandol yang seluruh bahannya dari ban. Bentuknya sendal jepit, tapi dari ban bekas buatnya. Jadi masih tampak serat2 didalemnya. Secara keseluruhan, sendal bandol ini memang awet, kecuali kalo di MalingSendal yang satu ini terbukti paling awet, kecuali kalo di maling tadi Tapi berguna juga buat nmimpuk maling. Soalnya, saking kakunya ban bekas itu jadi ya keras banget. Cocok dipake buat ke kamar mandi, apalagi kalo pas musim hujan gini. Pasti anti bau, meskipun seara umum sendal bandol memang tidak bau. Tapi ya licin untuk sendal ini. Enak juga kalo buat kongkow2, g kliatan “katrok” banget lah. Daripada sendal jepit merk “swallow” dkk yang kurang sreg kalo dipake jalan2 apalagi kongkow2. SAndal ini cukup murah, cuma Rp 7.000,-/pasangnya. Ukuran sepertinya standar semua sama. Keunggulannya ya cuma di awet, keras dan tidak baunya itu.







Barang lain, ada yang namanya tempat sampah dari ban. Nah, ini unik juga. Semua bahannya murni dari ban. Tapi bukan ban bekas, melainkan sisa bahan pembuat ban sebelum di beri serat dan kawat.Yaitu, tong sampah. Tinggi tempat sampah ini sekitar 50 cm. Dengan tutup berbentuk setengah bola, dari ban juga. Kalo diliat2 cukup buat diisi ma anak kecil yang pengen ngumpet disitu Selain buat tempat sampah, bisa juga dipake buat tempat ngumpulin baju2 yang kotor. Harga tong ban ini Rp 40.000/buahnya.



Selain barang2 diatas, dibagian teras ini juga ada karpet untuk mobil, bahkan alas untuk tidur kalo lagi camping *g tau aku namanya*. Selain itu juga ada banyak sendal dengan bentuk lain yang digantung, iket yang digunakan untuk mengikat apa saja, sama tali buat katrol ember di sumur juga ada.





Dibagian etalase dalam, ada barang unik lain, yaitu asbak yang seluruh bagiannya juga terbuat dari ban. Tebel juga ni asbak. Bentuknya mirip kayak gelas yang mewah2 itu. Tpi yang ni item. Mungkin bisa juga kalo mau dibuat gelas Sendal ini juga keras, buat mukul orang bisa pusing2 juga. Tadinya, aku kira barang apa, soalnya bentuknya kaya telur. Ga tauinya itu 2 asbak ditumpuk jadi satu. Asbak ini cukup murah juga untuk asbak seukuran itu.Hanya Rp 7500 perbuah nya dah dapet asbak gede seukuran gelas, bahkan lebih besar. hahaha

Baiklah, sekian liputan tentang sandal bandol. Sebenernya masih banyak barang lain tapi g sempet terdata bentuk, ukuran dan harganya. Mungkin dilain kesempatan diupload lagi. Ada yang pengein nitip???saya bersedia. Karena insya Allah, sesuai catetan yang kemaren2, doakan saja semoga saya sering main ke purwokerto. hehehehehe….Kalo ada yang berminat silakan hubungi saya, PM ke ndh33.cool@gmail.com atau datang sendiri ke banaran pasir kidul, purwokerto..

1 komentar:

abu ubaidillahludi mengatakan...

wah bagus nih blognya mang di purwokerto ada ukm sandal ya

 
purwokerto satria. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.