Sabtu, 14 Maret 2009

PNS Banyumas wajib pakai sepatu Bandhol


Beberapa minggu yang lalu saya lihat di siaran TV seorang menteri sedang mengkampanyekan penggunaan Sepatu buatan Indonesia bagi para Pegawai Negeri. Hal ini dimaksudkan untuk mengangkat citra Produk dalam Negeri sekaligus juga mensiasati kondisi perekonomian yang sedang kurang baik.

Nah hubungannya dengan Otonomi daerah, maka program penggunaan produk dalam negeri yang dicanangkan oleh pemerintah pusat layak diikuti oleh pemerintah daerah. Di Kabupaten Banyumas terdapat sentra Industri kecil sandal dan sepatu "BANDHOL". tepatnya di kecamatan Purwokerto Barat. Jika kita mau masuk kota Purwokerto dari arah barat, setelah lewat Kecamatan Karang lewas, sepanjang jalan Laksda Yos Sudarso berjejer toko-toko kecil yang memajang sandal, pot, dan kerajinan lain yang terbuat dari daur ulang ban bekas.

Kerajinan daur ulang ban bekas menjadi barang-barang konsumer sudah berlangsung cukup lama, sejak saya kecilpun sudah ada. Nah karena bahan bakunya berupa ban bekas inilah maka sandal dan kerajinan lainnya disebut "BANDHOL" alias Ban Bodhol. Menurut informasi pemasaran Sandal "Bandhol " tidak saja dilakukan dengan memajang dagangan di toko-toko kecil milik pengrajin, tetapi juga di kirim sampai ke Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi terutama ke daerah Transmigrasi yang dihuni oleh masyarakat asal Banyumas.

Kerajinan Bandol tetap esis meskipun harus bersaing dengan produk-produk pabrikan dan produk luar negeri karena memang cukup awet dan harganya sangat ekonomis. Satu pasang Bandhol hanya berharga antara 10 hingga 20 ribu saja, dan mampu bertahan sampai 5 tahun ga rusak-rusak.

Guna menunjang kelangsungan hidup para pengrajin Bandhol, saya Usul kepada Bapak Bupati banyumas agar seluruh PNS dan Tenaga Honorer baik di Instansi PEMDA maupun Guru Bantu di Kabupaten Banyumas diwajibkan pakai Sepatu "BANDHOL". sebagaimana yang dikampanyekan oleh Bapak Menteri di Pusat sana.

Bayangkan pak kalau sekitar 19.000 PNS dan pegawai Non PNS di Setiap instansi di Kabupaten Banyumas memakai Sepatu "Bandhol" made in Banyumas, pasti kehidupan para pengrajin Bandhol agak membaik, selain itu juga membuka peluang kerja yang cukup banyak bagi masyarakat kecil. Ya daripada Bapak pusing mikirin mau buat Pabrik Ethanol yang realisasinya sulit, mending bikin sepatu Bandol saja.
Bagaimana Pak Bupati ?
OK ?

0 komentar:

 
purwokerto satria. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.